Searching...
Saturday, December 29, 2012

Mengisi Hari Libur dengan Berwisata ke Kawah Putih

Objek Wisata Kawah Putih Ciwidey
 


Kawah Putih merupakan Objek Wisata Alat yang ada di Jawa Barat tepatnya di Bandung Selatan yang lebih akrab dikenal dengan sebutan Objek Wisata Kawah Putih Ciwidey. 

Kawah Putih Ciwidey merupakan sebuah kawah indah yang berwarna putih yang dirletak di Gunung Patuha dengan ketinggian 2.434 meter di atas permukaan laut yang memiliki rata-rata suhu antara 8°-22° Celcius serta berjarak sekitar 48 KM dari pusat Kota Bandung. Disebut Kawah Putih karena air kawah ini nampak berwarna putih yang selalu diselimuti kabut tebal, walaupun terkadang warna air kawah putih berwarna kebiru-biruan ketika terik matahari, pasir serta bebatuan disekitarnya pun berwarna putih sehingga disebuh kawah putih.

Kawah Putih Ciwidey ini merupakan objek wisata alam yang menjadi tujuan kami, kami adalah wisatawan dari Bogor, Jawa Barat yang ingin menginjakkan kaki pada objek wisata kawah putih tersebut. Dengan perlengkapan yang telah kami persiapkan sebelumnya, kami bergegas menuju Bandung dengan menggunakan kendaraan transportasi darat yaitu menggunakan bis atar kota yaitu Bogor - Bandung. Dalam perjalan menuju Kota Kembang tersebut (Bandung) kami berangkat pukul 11.30 dari Terminal Baranangsiang dan sampai di Terminal Lw. Panjang sekitar pukul 14.30. 

Setelah sampai di terminal Lw. Panjang, kami pun bergegas menuju bis mini jurusan Ciwidey, tepatnya pukul 16.30 kami sampai di terminal Ciwidey. Kami Pun bermalam di rumah sanak saudara, kebetulan kami bergegas bertiga yaitu, Saya Ridwan Arifin, Nurdin Al-Azies dan Muhamad Agus Purwanto. 

Esok hari tepatnya pukul 06.00 kami sudah bersiap-siap menuju Kawah Putih dengan mengendari Sepeda Motor, dan tepat pukul 07.30 WIB kami telah sampai di lokasi. Sebuah pagi yang sangat dingin waktu itu, hingga tubuh kami terasa menggigil, tapi rasa keinginan menginjakkan kami di kawah putih pun mampu mengalahkan hawa dingin yang ada disekitar. 

Dengan tiket masuk Rp. 15.000,-/orang untuk pengunjung domestik dan Rp. 30.000,-/orang untuk pengunjung mancanegara, kami pun dihantarkan oleh pengelola kelokasi dengan menggunakan angkutan umum yang kerap dikenal dengan Ontang Anting, entah dari mana asal kata Ontang Anting tersebut. Mungkin karena medan menuju puncak gunung patuha dengan perjalanan yang cukup membuat bergoyang-goyang kendaraan sehingga disebut dengan sebutan Ontang Anting. Dan ini lah pemandangan ketika kami menuju kawah putih. 
Kawah-Putih
Pintu Masuk Pengambilan Karcis Kawah Putih


ontang-anting
Angkutan Ontang Anting Kawah Putih


Dengan berekendara angkutan Ontang Anting tesebut, kami pun sampai pada puncak gunung patuha dimana pintu masuk menuju kawah putih, seperti aksi kami yang berfoto di Papan Nama Pintu Masuk Kawah Putih.
Papan Nama Kawah Putih

Setelah berfoto-foto pada Papan Nama Kawah Putih Kami pun bergegas menuju Kawah Putih Gunung Patuha tersebut, dengan menaiki anak tangga untuk menuju kawah putih, seperti tampak pada aksi kami di pintu gerbang dan Papan Tata Tertib Pengunjung Kawah Putih. 

Pintu Gerbang Anak Tangga Kawah Putih


 Tata Tertib Pengunjung Kawah Putih

Dengan berjalan menelusuri anak tangga menuju kawah putih, akhirnya kami pun sampai pada pemandangan yang begitu indah, yaitu kawah yang memang berwarna putih dan dikelilingi oleh bebatuan dan pasir dengan warna putih pula, seperti aksi kami pada foto di sekitar kawah.

 Pemandangan di Kawah Putih 

Pemandangan di Kawah Putih 


 Pemandangan di Kawah Putih 


Sungguh pemandangan yang tak mampu terlupakan, sungguh penciptaan Allah SWT yang amat mengesankan dan tiada kekukarang. 
Puas berfoto-foto dan berkeliling disekitar kawah putih kami pun bergegas kembali menuju anak tangga pintu keluar. Sesampainya kami pada pintu keluar, kami disuguhkan dengan alunan kecapi yang berada di saung kecapi seperti aksi foto kami disana. 

Saung Kecapi di Kawah Putih

Setelah mendengarkan alunan kecapi, berakhir pula lah kunjungan kami di Kawah Putih Ciwidey. Tepatnya kami mengisi hari libur kami dengan berwisata ke Kawah Putih Ciwidey Bandung Selatan pada Selasa, 25 Desembre 2012. 

Creatif by: Potret Ordinary | Dokumenasi 25 Desember 2012 - Ridwan Arifin & Friends

0 comments:

Post a Comment

 
Back to top!